DbClix

Jumat, 29 Agustus 2008

Radio dan Internet

DATA dari Asosiasi Pengusaha Jasa Internet Indonesia (APJII), menunjukkan bahwa hingga pertengahan tahun 2008 di Indonesia tercatat sekitar 25 juta pengguna internet. Angka ini ditargetkan meningkat hingga 50 juta pengguna pada akhir tahun 2008.

Semakin meningkatnya pengguna internet di Indonesia perlu menjadi perhatian kita yang bergerak di dunia radio, agar tidak tergerus perkembangan tekhnologi. Membangun website interaktif dan radio online, bisa menjadi salah satu cara untuk tetap mengikat pendengar kita yang semakin banyak menghabiskan waktunya untuk ber-internet.

Banyak radio yang sudah memiliki website, namun apakah fungsi dari website radio hanya sebagai media promosi? Idealnya apa isi website tersebut agar bisa lebih mendatangkan manfaat?

Website sebuah radio antara lain bisa diisi dengan:

Non program:
Visi dan misi perusahaan disertai profil pengelola.
Data tekhnis radio dan tarif iklan. Akan lebih mempermudah jika disediakan fasilitas pemasangan iklan dan pengiriman materi iklan secara online.
Arsip kegiatan-kegiatan off air yang pernah diselenggarakan.
Testimonial klien yang pernah menggunakan jasa radio kita.

Program:
Profil acara dan penyiar, lengkap dengan fasilitas agar pendengar bisa berinteraksi langsung ke dalam acara maupun dengan penyiar secara online.

Radio streaming, untuk mengantisipasi pendengar yang sedang berada di luar jangkauan siaran.

Podcast (atau bahkan videocast) acara, agar pendengar yang tidak sempat mendengarkan acara secara langsung bisa mendengarkannya melalui internet di waktu yang berbeda.

Chat room dan forum, agar pendengar bisa saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya
Jika memiliki acara berita, kita juga bisa memasukkan naskah berita / informasi yang disiarkan dan rutin memperbaharuinya.

Bisa juga menampilkan promo acara dan rencana kegiatan yang akan dilakukan, serta membuka halaman kritik dan saran.

Fasilitas-fasilitas yang ada dalam website bisa terus dikembangkan. Usahakan untuk melakukan update sesering mungkin, jangan sampai hanya dibuat kemudian ditinggalkan. (radioclinic-Alex Santosa)

Tidak ada komentar:

Zonaclix - A Place to Earn online!