DbClix

Senin, 08 September 2008

Laporan yang Berguna Bagi Pemudik

SUDAH menjadi kebiasaan, sekian hari menjelang hari Lebaran sampai sekian hari sesudah Lebaran, pemudik akan beramai-ramai meninggalkan kota yang selama ini menjadi tempat untuk mencari nafkah menuju kampung halamannya. Jumlah pemudik yang tidak sedikit akan memenuhi jalan-jalan raya di sepanjang pulau Jawa, baik di jalur pantai utara maupun jalur pantai selatan.

Seorang rekan wartawan dari sebuah majalah otomotif baru-baru ini mengirimkan email, yang berisi beberapa pertanyaan wawancara mengenai kesiapan radio dalam menyampaikan liputan mengenai arus mudik dan arus balik. Pertanyaan-pertanyaan dalam email itu memicu munculnya pertanyaan di benak saya “Masih perlukah sebuah radio menyiarkan informasi kepadatan arus mudik dan arus balik?”.

Kondisi yang rutin terjadi setiap tahun, tentunya bukan lagi hal yang mengherankan. Apa yang harus dilakukan radio agar informasi lokalnya bisa menjadi lebih bermanfaat? Apalagi kondisi yang terjadi adalah:

- Kemacetan sudah biasa terjadi sepanjang arus mudik dan balik. Sebagai pembanding, apakah akan menjadi informasi yang menarik jika kita melaporkan kemacetan di sebuah ruas jalan yang memang setiap hari terjadi? Justru sebaliknya akan menjadi berita kalau jalan yang biasanya macet suatu saat tidak macet.

- Televisi dan media cetak banyak yang sudah menginformasikan daerah-daerah rawan macet, termasuk jalan-jalan alternatif yang bisa dilalui.

- Sumber informasi diluar media konvensional semakin beragam, mulai dari leaflet peta dan panduan mudik yang disebar oleh berbagai organisasi dan produk, layanan sms, petugas polisi dan volunteer di lapangan, papan petunjuk jalan dan lain sebagainya.

- Bagi mereka yang biasa mudik, sudah mengetahui daerah atau jalanan yang biasa mereka lalui setiap tahun.

Namun demikian, bukan berarti radio tidak perlu memberikan informasi berkaitan dengan tradisi mudik.

Yang bisa dilakukan radio diantaranya adalah:
- memberikan siaran yang menghibur bagi mereka yang melalui atau singgah di kota kita.
- memberikan informasi lalu lintas yang tidak biasa terjadi, seperti kecelakaan, perubahan jalur dan lain sebagainya. Jangan hanya menginformasikan kepadatan arus lalu lintas, karena selama arus mudik dan balik, hal ini adalah hal biasa yang sudah diketahui oleh pendengar.
- memberikan informasi tempat wisata, tempat istirahat dan lain sebagainya yang lebih bermanfaat bagi pendengar.
- dan berbagai ide informasi dan program kreatif lainnya. (radioclinic-Alex Santosa)

Tidak ada komentar:

Zonaclix - A Place to Earn online!