DbClix

Kamis, 19 Februari 2009

Sumbang Korban Kebakaran Dapat Satu Lagu

BENCANA alam terburuk dalam sejarah Australia, berupa kebakaran semak di negara bagian Victoria, telah menggerakkan penduduk negeri itu untuk berlomba-lomba membantu para korban yang kehilangan harta benda dan orang-orang terkasih.

Semangat menyumbangkan bantuan berupa uang, tenaga, makanan, dan barang-barang terus menguat sejak hari pertama kebakaran terjadi, Sabtu (7/2).

Berbagai cara dilakukan untuk menggalang bantuan, salah satunya adalah lewat program di radio swasta yang bersiaran di Brisbane. Radio menerima telepon dari para pendengar yang ingin membantu para korban kebakaran, dan menerima dana bantuan yang kemudian disalurkan ke Palang Merah Australia. Sebagai pengganti, penyiar memutarkan lagu yang diminta oleh pemberi donasi.

Salah satu dari penyumbang adalah gadis kecil yang masih duduk di sekolah dasar. Ia menyumbangkan 50 dollar Australia, uang tabungan yang ia kumpulkan selama setahun.
Bila pemberi donasi adalah perusahaan-perusahaan kecil dan menengah, penyiar membacakan atau membuatkan iklan singkat tentang perusahaan tersebut.

Hingga Rabu (11/2), dana yang terkumpul lewat siaran radio 105,3 FM, misalnya, sudah melampaui 2 juta dollar Australia.

Telepon dari para pendengar ke radio berlangsung seolah tak ada henti, hampir sepanjang hari radio-radio siaran Australia di Brisbane menggalang dana.

Di radio para pendengar juga melemparkan ide-ide bentuk bantuan selain uang, dan salah satu ide yang banyak didukung pendengar adalah menyumbangkan mobil karavan bagi para korban yang kini tinggal di tenda-tenda penampungan.

Ide ini dipandang tepat terutama saat rekonstruksi rumah yang terbakar dalam kebakaran semak, "Supaya para korban tidak berkumpul semua di kota, dan mereka tetap nyaman sebelum menempati rumah baru," ujar salah satu pengusul. (Yuz/Kompas.com)

Tidak ada komentar:

Zonaclix - A Place to Earn online!