DbClix

Senin, 18 Agustus 2008

Perkembangan Radio (II)

MASYARAKAT berubah, media baru bermunculan, seperti CD-I dan CD-Rom, internet, dan permainan-permainan dengan komputer. Melalui satelit, terbuka kemungkinan unuk menonton berbagai stasiun televisi dari segala penjuru dunia. Televisi bukan lagi barang baru, dan satu saluran dapat dipilih dari begitu banyak pilihan yang ada dan dapat dibandingkan dengan begitu banyak stasiun radio yang dapat kita pilih. Radio dan televisi menjadi media yang mempunyai segmen-segmen sasaran tersendiri. Saluran-saluran televisi mulai menentukan target penonton yang disasar.

Stasiun-stasiun radio juga menentukan kelompok-kelompok sasaran. Mereka membuat programa khusus, misalnya untuk masyarakat kelas menengah atau dengan tingkat pendidikan lebih tinggi; untuk orang-orang yang tertarik kepada berita olahraga, berbagai jenis musik, film-film, musik jazz, musik klasik dan lain-lain. Para pendengarlah yang menentukan pilihan dari antara stasiun-stasiun yang ada. Bukan radio swasta, radio pemerintah juga mulia mengkhususkan diri pada satu selera musik, seperti stasiun khusus musik klasik, musik pop, atau musik ountry, stasiun berita dan keagamaan.

Programa radio yang disiarkan dalam tahun 1970-an dan 1990-an

1975
Programa individual
Durasi Berbeda dalam menit

Drama/komedi
Berita
Feature
Majalah
Olharaga
Mimbar Agama
Wawancara
Topik Hangat
Musik
Pertunjukkan radio dengan penonton
Dokumenter
Programa Pendidikan/Radio sekolah
Programa Diskusi
Programa Seni/info
Programa Anak muda
Programa anak-anak
Siaran kata/ceramah


1995
Programa Formula Gabungan
Durasi Dalam Jam

Musik
Berita
Ringkasan
Wawancara Langsung
Olahraga
Mimbar Agama
Phone in
Iklan
Jingle
Reportase
Siaran Langsung
Berita bisnis
Berita/info yang menarik



- diambil dari buku The Professional Radio Presenter Penyiar Radio Profesional, Theo Stokkink (habis)

Tidak ada komentar:

Zonaclix - A Place to Earn online!